21 April, 2009

Kilas Grafika


Disini saya akan mencoba menerangkan sekilas tentang grafika dan percetakan. Harapannya tentu semoga bermanfaat bagi sobat semua. Grafika berasal dari bahasa Yunani yaitu graphos yang berarti huruf atau lambang. Industri grafika adalah yang yang tak terpisahkan dari industri media cetak. Industri media cetak sendiri meliputi beberapa bagian diantaranya desain grafis, penerbitan buku, majalah atau koran, dan perusahaan percetakannya itu sendiri.

Dalam prosesnya sebuah perusahaan percetakan dibagi menjadi beberapa bagian :
  • Prepress ( Pracetak )
  • Press ( Cetak )
  • Finishing ( Penyelesaian )
Produk-produk dari percetakan sangat beragam, apalagi dewasa ini dengan dukungan mesin mesin percetakan terbaru yang mempunyai kelebihan tersendiri, ditambah dengan berkembangnya digital printing sehingga orang-orang tidak memerlukan tempat atau lokasi yang besar sebagai tempat usahanya dan dengan minimum order pun sebuah jasa digital printing dapat berjalan. Produk dari percetakan antara lain :
  1. Media Cetak komersil seperti koran, tabloid, majalah dan buku komersil.
  2. Media Pendidikan seperti buku umum, buku pelajaran dll.
  3. Brosure, Poster, leaflet dll
  4. Kartu nama, Undangan Pernikahan, Undangan khitanan dll
  5. Packaging atau kemasan
  6. dll
Untuk mencetak koran, tabloid atau majalah biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan percetakan besar, kalo di indonesia mungkin kayak gramedia. Sedangkan buku dan yang lainnya bisa dilakukan oleh perusahaan skala menengah. Koran umumnya terbit setiap hari dengan sirkulasi yang tergantung dari jumlah pelanggannya, sedangkan tabloid dan majalah terbit secara periodik ada yang mingguan, 2 mingguan atau bulanan. untuk buku dan produk lainnya sangat tergantung dari order yang diterima sehingga proses pekerjaannya bisa rutin atau ngga.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar